Rabu, 17 September 2014

Resep Membuat Kaldu

Berikut ini adalah tips tips resep pembuatan kaldu untuk mendapatkan hasil dan rasa yang mantap, yaitu :


Dalam membuat kaldu baik dari sapi ataupun ayam, harus diperhatikan dalam memilih bahan dan bagian mana yanga akan digunakan untuk menghasilkan kaldu yanag enak, mantap dan lezat. Adapun cara untuk 
pemilihannya adalah :

  • Cara membuat kaldu sapi , yaitu supaya memilih daging yang sedikit mengandung lemak, bila memakai tulang sapi , pilihlah tulang kaki atau iga, karena kedua bagian itu akan memberikan rasa kaldu yang lezat.
  • Cara membuat kaldu ayam , yaitu sebaiknya menggunakan ayam kampung, bila menggunakan tulang ayam negeri, rebus terlebih dahulu selama 5 menit (dengan air mendidih) setelah itu buang air rebusannya , ganti dengan air yang baru yang siap untuk dibuat kaldu.Adapun bagian tulang ayam yang enak untuk kaldu adalah tulang punggung, sayap dan kaki.



Bahan:
1 kg tulang sapi yang masih berdaging
1 buah bawang bombay cincang
1 buah wortel besar potongt-potong
1 batang seledri, cincang
2 siung bawang putih, geprak tidak usah dikupas
segenggam piterseli cincang
1 lembar daun salam
merica secukupnya
1,5 liter air



Cara Membuat:

- Masukkan daging bersama wortel dan bawang ke dalam panci tambahkan air, garam,  merica, seledri, piterseli dan daun salam, didihkan sampai menyusut, angkat lalu saring dengan kertas penyaring.
- Rebus tulang atau daging dengan api kecil, jangan sering diaduk agar air rebusan tidak keruh. Api besar akan membuat cepat mendidih, akibatnya bagian luar akan cepat maatng sehingga sari kaldu daging tidak keluar semuanya dan juga sum- sum tulang tidak keluar dari tulang. Lama memasak kaldu minimal 1jam, tujuannya agar kaldu yang dihasilkan lebih kental dan gurih.
Cara meyimpan kaldu :
Cetaklah kaldu kedalam wadah es batu atau kedalam tempat yang kedap udara seperti botol atau tupperware,atau boleh juga dimasukan ke plastik masukkan kedalam freezer hingga beku, kemudian keluarkan dan Simpan kaldu kedalam plastik, simpan kembali kedalam freezer. Jika kita ingin menambahkan kaldu kedalam masakan, maka kita tinggal ambil kaldu dalam kantong plastik dalam freezer, lebih praktis dan sehat tentunya karena tidak mengandung bahan pengawet.
 

http://westerncuisine.blogspot.com/2013/11/resep-praktis-membuat-kaldu-sapi-beef.html 




 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar